Pemanfaatan Pekarangan

Dalam rangka pemanfaatan pekarangan melalui kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan ( P2KP ) yang bertujuan memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, disamping itu untuk meningkatkan keragaman dan kualitas konsumsi pangan masyarakat agar lebih beragam, bergizi, seimbang dan aman guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif, salah satu kegiatan Dinas Pangan Kota Manado yakni memberikan bantuan Bibit rica (cabe) kepada masyarakat yang bekerja sama dengan TP-PKK Kecamatan Se-Kota Manado, juga kepada anggota POLRI (melalui Polsek Sario).

Dengan harapan ketika masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut. Tujuan kegiatan ini dapat dicapai yang pada akhirnya berpengaruh pada pendapatan keluarga.

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dilakukan melalui upaya pemberdayaan wanita dan kelompok masyarakat lainnya dalam kegiatan budidaya dan pengolahan hasil pertanian pekarangan dan lahan sekitar rumah tinggal yang selama ini belum dimanfaatkan adalah sangat berpotensi sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. Upaya ini dilakukan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga seperti aneka umbi - umbian, sayur – sayuran, buah serta budidaya ternak dari ikan sebagai tambahan ketersediaan sumber pangan, karbohidrat, vitamin dan mineral.